Wednesday, July 4, 2018

MATERI SILABUS RPP - TUJUAN KURIKULUM


TUJUAN KURIKULUM

Pada dasarnya kurikulum adalah alat untuk mencapai tujuan dari berbagai program pendidikan. Di Indonesia sendiri, tujuan pendidikan didasarkan pada falsafah Bangsa Indonesia. Kurikulum memiliki 4 tujuan utama yaitu sebagai berikut.
  • TUJUAN NASIONAL

Seperti yang telah diatur dalam UUD Indonesia no. 2 tahun 1980 mengenai sistem pendidikan nasional, disebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah:
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa
  • Membentuk masyarakat yang beriman serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • Membentuk masyarakat dengan budi pekerti luhur, terampil dan cerdas
  • Membentuk masyarakat yang sehat secara jasmani dan rohani
  • Membentuk masyarakat yang memiliki kepribadian yang kuat, mandiri serta memiliki rasa tanggung jawab untuk masyarakat dan negaranya
Selanjutnya tujuan dari kurikum tersebut adalah
  • TUJUAN INSTITUSIONAL

Yang dimaksud dengan tujuan institusional adalah sebuah tujuan yang harus dicapai oleh sebuah lembaga, dalam hal ini, lembaga pendidikan. Contoh dari lembaga pendidikan adalah seperti MI, MTs, MA, SD, SMP, SMA dan lain sebagainya. Salah satu bentuk dari tujuan institusional ini adalah kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh siswa setelah menyelesaikan pendidikan dalam institusi tersebut.
  • TUJUAN KULIKULER

Tujuan kulikuler dapat berarti sebagai penjabaran lebih jauh lagi dari tujuan lembaga pendidikan atau tujuan institusional. Tujuan kulikuler merupakan tujuan dari sebuah mata pelajaran hingga dapat mencerminkan dasar ilmu yang ada dalam mata pelajaran tersebut.
  • TUJUAN INSTRUKSIONAL

Tujuan instruksional ini merupakan penjabaran yang lebih jauh lagi dari tujuan kulikuler. Tujuan ini adalah tujuan yang akan langsung diterapkan untuk para siswa, dan para siswa ini sudah harus dapat mencapai tujuan tersebut ketika mereka selesai menempuh proses belajar-mengajar.

PENGEMBANGAN KURIKULUM NASIONAL

 Istilah pengembangan kurikulum adalah istilah yang komprehensif, dan ada 3 hal penting yang terdapat di dalamnya yaitu:
  • PERENCANAAN KURIKULUM

Ini merupakan langkah awal untuk membentuk suatu kurikulum dimana pembuat kurikulum mengambil keputusan serta tindakan untuk membuat sebuah rencana yang akan digunakan agar dapat mencapai tujuan pendidikan.
  • PENERAPAN KURIKULUM

Penerapan kurikulum juga dapat disebut dengan implementasi kurikulum. Pada tahap ini rencana yang telah dibuat sebelumnya kemudian dilanjutkan dalam tindakan operasional.
  • EVALUASI KURIKULUM

Tahap terakhir adalah evaluasi kurikulum. Dalam tahap ini ditentukan seberapa berhasilnya kurikulum yang telah direncanakan tadi pada proses pembelajaran.
Pengembangan kurikulum nasional tentu juga bergantung pada kesiapan lembaga pendidikan serta tenaga pengajarnya. Sebagai contohnya, seorang pengajar atau guru harus menguasai manajemen pengembangan kurikulum untuk dapat melaksanakan mekanisme pengembangan dari kurikulum itu sendiri.
Kurikulum merupakan hal yang sangat penting dalam sistem pendidikan, karena selain membantu untuk mencapai tujuan dari pendidikan, kurikulum juga berisi tentang pengalaman belajar yang didapatkan oleh para pelajar. Dari semua penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan kurikulum yang tepat menentukan seberapa berkualitas proses pembelajaran pada lembaga pendidikan di Indonesia.

No comments:

Post a Comment