Sunday, July 1, 2018

MATERI SILABUS RPP - Komponen Kurikulum


Untuk komponen kurikulum ini memiliki 4 unsur yang membentuk/penyusun kurikulum. 4 unsur komponen kurikulum ialah sebagai berikut.

Komponen Tujuan

Kurikulum merupakan suatu sistem pembelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan karan berhasil atau tidaknya ssistem pembelajaran diukur dari banyaknya tujuan-tujuan yang tercapai. Tujuan pendidikan menurut permendiknas No.22 Tahun 2007 pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah ialah sebagai berikut.
  • Tujuan pendidikan dasar ialah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan keterampilan hidup mandiri serta mengikuti pendidikan selanjutnya.
  • Tujuan pendidikan menengah ialah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan keterampilan hidup mandiri serta mengikuti pendidikan selanjutnya.
  • Tujuan pendidikan menengah kejurusan ialah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia dan keterampilan hidup mandiri serta mengikuti pendidikan selanjutnya sesuai kejurusan.
  • Tujuan pendidikan institusional ialah tujuan pendidikan yang dikembangkan di kurikuler dalam setiap mata pelajaran disekolah.

Komponen Isi ( Bahan Pengajaran )

Kurikulum dalam komponen isi ialah suatu yang diberikan kepada anak didik untuk bahan bakar belajar mengajar guna mencapai tujuan. Kurikulum memiliki kriteria yang membantu perencanaan pada kurikulum. Kriteria kurikulum ialah sebagai berikut.
  • Sesuai, tepat dan bermakna bagi perkembangan siswa
  • Mencerminkan kenyataan sosial
  • Mengandung pengetahuan ilmiah yang tahan uji
  • Menunjang tercapainya tujuan pendidikan

Komponen Strategi

Kurikulum sebagai komponen strategi yang merujuk pada pendekatan dan metode serta peralatan dalam proses belajar mengajar. Strategi dalam pembelajaran tergambar dari cara yang ditempuh dalam pembelajaran, mengadakan penilaian pelaksanaan bimbingan dan mengatur kegiatan baik umum maupun yang sifatnya khusus. Strategi pelaksanaan ialah pengajaran, penilaian, bimbingan dan penyeluhan kegiatan sekolah. Tercapainya tujuan ini diperlukan pelaksanaan yang baik dalam menghantarkan peserta didik ke tujuan tersebut yang merupakan tolak ukur dari program pembelajaran ( kurikulum ).

Komponen Evaluasi

Komponen evaluasi dalam kurikulum ialah memeriksa tingkat ketercapaian tujuan suatu kurikulum dalam proses dan hasil belajar peserta didik yang memiliki peranan penting dalam memberikan keputusan dari hasil evaluasi guna dalam pengembangan model kurikulum sehingga dapat mampu mengetahui tingkat keberhasilan suatu siswa dalam mencapai tujuannya.
Demikianlah pembahasan mengenai Penjelasan Komponen Kurikulum semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. ðŸ™‚ ðŸ™‚ ðŸ™‚

No comments:

Post a Comment